Wednesday, July 24, 2013

Makan yang halal dan bergizi

وَقَالَ ٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُواْ لَوۡ أَنَّ لَنَا كَرَّةً۬ فَنَتَبَرَّأَ مِنۡہُمۡ كَمَا تَبَرَّءُواْ مِنَّا‌ۗ كَذَٲلِكَ يُرِيهِمُ ٱللَّهُ أَعۡمَـٰلَهُمۡ حَسَرَٲتٍ عَلَيۡہِمۡ‌ۖ وَمَا هُم بِخَـٰرِجِينَ مِنَ ٱلنَّارِ (١٦٧) يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِى ٱلۡأَرۡضِ حَلَـٰلاً۬ طَيِّبً۬ا وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٲتِ ٱلشَّيۡطَـٰنِ‌ۚ إِنَّهُ ۥ لَكُمۡ عَدُوٌّ۬ مُّبِينٌ (١٦٨)


Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti: "Seandainya kami dapat kembali [ke dunia], pasti kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami." Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka. (167) Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (168)

Pada bulan Romadlon tidak asing lagi bagi daerah daerah di seluruh nusantara banyak menampilkan aneka makanan yang bermacam-macam. baik dari segi bahan , rasa , aroma sampai harganyapun berfariasi mulai dari murah sampai mahal terjangkau yang jelas semua makanan yang dijual belikan semuanya berlabelkan halal. karena yang memproduksi yang menjual maupun pembeli pada umumnya mereka yang sedang berpuasa. Benar-benar luar biasa dan disinilah keanekaragaman bisa disatukan dengan keinginan makan yang diciptakan Allah bahwa manusia selama masih hidup pasti membutuhkan apa yang dinamakan makanan. Allah menghendaki umatnya menjadi baik dan sehat jasmani rohaninya yaitu dengan cara memakan rizki yang halal dan bergizi, sebaliknya bila manusia memakan makanan yang haram dan tak bergizi lagi, tidak mengherankan bila mereka tidak sehat jasmani rohaninya sehingga perbuatannyapun ada kecenderungan kearah perbuatan yang sesat dan menyesatkan. na'udzu billah

Wallohu a'lam 

No comments:

Post a Comment