Sunday, July 14, 2013

Puasa Mengajarkan Cara Meraih Hidup Sukses

Kalau kegiatan ritual, dimaknai sebagai proses pendidikan, agar manusia kembali menjadi makhluk terbaik, maka puasa pun juga demikian. Ibadah puasa sebagaimana yang disebutkan dalam al Qur’an adalah bertujuan untuk mendapatkan derajat taqwa. Derajat mulia itu akan diraih oleh mereka yang menjalankan dengan sebenarnya.



Ibadah puasa pada bulan ramadhan dilaksanakan pada setiap tahun dalam sebulan penuh. Setiap tahun yang terdiri atas dua belas bulan, maka sebulan penuh dijadikan untuk berlatih, yaitu menahan makan dan minum, serta tidak berkumpul suami isteri pada siang hari. Selain itu, pada bulan puasa, dianjurkan untuk banyak melakukan kegiatan ritual lainnya seperti shalat sunnah taraweh, witir, dan shalat sunnah lainnya.



Orang yang sedang berpuasa juga dianjurkan untuk menunaikan zakat, infaq dan shadaqoh. Selain itu, bagi orang yang sedang menjalankan puasa dianjurkan untuk banyak berbuat baik dan menjaga hatinya dari sifat-sifat buruk seperti menyombongkan diri, suudhan, iri hati, dengki, permusuhan, menghibah, kikir, dan lain-lain.



Ibadah yang mencakup kegiatan lahir maupun batin seperti itu, manakala dijalankan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, maka yang bersangkutan, ------bagaikan ujian, akan lulus, sehingga meraih derajat taqwa. Orang yang menyandang derajat taqwa, tidak ada balasan, kecuali mendapatkan rakhmat, ampunan, dan surga Allah. Itulah sebabnya, kaum muslimin, tatkala memamsuki bulan Ramadhan berusaha memenuhi kewajiban itu sebaik-baiknya.

Lanjut ......

No comments:

Post a Comment