Wednesday, July 17, 2013

Membaca dan Memahami Al Qur’an




Konsep Quantum Teaching menyatakan "Bawalah dunia mereka ke dunia kita dan antarkan dunia mereka ke dunia kita". Dalam penelitian ini, penulis memilih suatu strategi pembelajaran yang dapat menjembatani antara dunia guru dangan dunia siswa, yang dinamakan strategi LACAYA atau Lancar Membaca dan Memahami Al Qur’an Bersama Teman Sebaya .

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini berarti sukses atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung kepada proses belajar yang dialami oleh siswa.
Pembelajaran



Terdapat definisi belajar yang dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain, Gagne (1984) (dalam Sagala, 2005: 13) menyebutkan bahwa belajar adalah suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat pengalaman.
Skiner (1985) (dalam Sagala, 2005: 14) mendefinisikan belajar adalah merupakan proses adaptasi perilaku yang bersifat progresif. Disini ada dua hal yang perlu digaris bawahi yaitu "proses" dan "progresif". Belajar adalah merupakan proses yang berarti belajar memerlukan waktu untuk mencapai suatu hasil dan progresif adalah tendensi kearah yang lebih sempurna. Bagi Skinner hal yang paling penting dilakukan dalam proses adalah latihan. Dimyati dan Mudjiono (2006: 7) Menyebutkan bahwa belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan belajar hanya dialami oleh siswa sendiri.

Dari uraian di atas dalam pembelajaran kali ini siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar, berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pembelajaran Al Qur’an amat tergantung pada proses belajar dan mengajar yang dialami siswa dan pendidik baik ketika para siswa itu di sekolah maupun di lingkungan keluarganya sendiri.

Keutamaan Membaca dan Memahami Al Qur’an
Bahwa orang yang mmembaca Al Qur’an akan diberi keutamaan oleh Allah,sebagaimana Allah ‘Azza wa Jalla berfirman dalam (QS Fathiir 35:29-30)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah swt dan mendirikan sembahyang dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengaan diam-diam dan terangterangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah swt menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari anugerah-Nya. Sesungguhnya Allah swt Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS Fathiir 35:29-30)

Kemudian Rosulullah SAW. Beliau bersabda :

“Sebaik-baik kamu ialah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (Riwayat Al-Bukhari)“Sesunggunya Allah swt mengangkat derajat beberapa golongan manusia dengan kalam ini dan merendahkan derajat golongan lainnya.” (Riwayat Bukhari & Muslim)“Bacalah Al-Qur’an karena dia akan datang pada hari Kiamat sebagai juru syafaat bagi pembacanya.” (Riwayat Muslim)



Keutamaan Pembelajaran Membaca dan Memahami Al Qur’an

Keutamaan orang yang membaca Al Qur’an memahami dan kemuadian mau mengamalkannya maka Allah akan mengangkat derajat di dunia dan bahkan diakhirat nanti Allah akan menjadikan Al Qur’an sebagai penolongnya. Maka dari itu pembelajaran membaca al Qur’an dan memahami Al Qur’an adalah suatu hal yang utama pula. Sebagaimana rosulullah Saw. Beliau bersabda :
“Barangsiapa membaca satu huruf Kitab Allah, maka dia mendapat pahala satu kebaikan sedangkan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif, satu huruf dan Lam satu huruf serta Mim satu huruf.” (Riwayat At-Tirmidzi). Selanjujnya Rasulullah saw bersabda, dalam hadits Qudsi ; Allah berfirman:“Barangsiapa disibukkan dengan mengkaji Al-Qur’an dan menyebut nama-Ku, sehingga tidak sempat meminta kepada-KU, maka Aku berikan kepadanya sebaik-baik pemberian yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta. Dan keutamaan kalam Allah atas perkataan lainnya adalah seperti, keutamaan Allah atas makhluk-Nya. (Riwayat Tirmidzi)

Demikian besar keutamaan belajar dan mengajarkan Al qur’an mendapatkan kedudukan yang terbaik di sisi Allah Swt, bahkan pahalanya melebihi orang yang berperang. Maka berbahagialah orang yang mau mengajarkan membaca dan memahami Al Qur’an serta mengamalkannya akan diberikan derajat yang terbaik di dunia dan di akhirat kelak.

Dari uraian di atas dengan mengingat keutamaan dan kedudukan Al Qur’an di sisi Allah mendapat kedudukan yang terbaik. Sementara kemampuan kita perlu sekali untuk ditingkatkan agar kecintaan kita pada Al Qur’an semakin meningkat, seiring meningkatnya kelancaran dan pemahaman kita terhadap Al Qur’an. Maka dibulan Romadlon salah satu bulan yang memiliki berkah dan keutamaan seribu bulan adalah sangat utama kita berusaha membaca dan memahami dengan baik dan benar.
wllahu a'lam bishshowab. Banyuwangi, 9 Romadlon 1434 H

No comments:

Post a Comment